
JOMBANG –Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jombang kembali menghadirkan pelayanan publik berbasis kepedulian melalui program BESUTAN (Berikan Pelayanan Khusus Terpadu Administrasi Kependudukan). Kegiatan jemput bola perekaman KTP Elektronik (KTP-el) ini dilaksanakan pada Selasa, (28/10) 2025, menyasar warga Kecamatan Bareng yang sedang tak berdaya di salah satu RS di Kasembon, Malang.
Awalnya Tim BESUTAN mendapatkan panggilan mendadak dari seseorang yang mengaku menantu dari pemohon yang datang langsung ke Kantor Dispendukcapil Kab. Jombang. Pemohon meminta bantuan yang bersifat urgent / sangat penting untuk melakukan Perekaman KTP-el bagi mertuanya yang belum punya data Adminduk sama sekali. Mengingat pemohon bersifat urgent dan butuh penanganan segera, Tim BESUTAN akhinya memutuskan untuk langsung ke TKP pada keesokan hari.
Program BESUTAN merupakan inovasi Dispendukcapil Jombang dalam memastikan seluruh warga memperoleh hak administrasi kependudukan tanpa terkecuali. Melalui kegiatan ini, petugas mendatangi langsung rumah warga yang tidak memungkinkan untuk datang ke kantor pelayanan akibat keterbatasan fisik maupun kondisi kesehatan. Tim Dispendukcapil yang diterjunkan dikomandoi oleh Bpk. Moh. Nurhasan, S.STP ,Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan.
“Kami ingin memastikan tidak ada satu pun warga Jombang yang tertinggal dalam pelayanan administrasi kependudukan. Melalui BESUTAN, kami hadir langsung di tengah masyarakat yang membutuhkan,” ujar Kabid PDIP
Melihat keseriusan dan kesigapan Tim Besutan, pihak keluarga memberikan apresiasi yang tinggi dan mengucapkan terima kasih.
“Terima kasih banyak atas kesigapan Dukcapil Jombang, permohonan kami langsung di respon dengan baik, alhamdulillah berjalan lancar dan Ibu (mertua) sudah punya data KTP” tutur Devi dengan haru. Inovasi Layanan Adminduk BESUTAN Dispendukcapil Jombang, Bukti Layanan Publik Tanpa Diskriminasi. Kepala Dispendukcapil Kabupaten Jombang menyampaikan bahwa kisah seperti yang dialami Devi menjadi semangat tersendiri bagi pihaknya untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh masyarakat.
“Dispendukcapil Jombang akan selalu hadir memberikan pelayanan kepada seluruh lapisan masyarakat. Setiap warga berhak mendapatkan perlakuan dan pelayanan yang sama, tanpa melihat kondisi fisik, usia, atau keterbatasan yang dimiliki,” tegas Kepala Dispendukcapil Kabupaten Jombang. 
Demi memberikan layanan Adminduk terbaik, meskipun pemohon ada diluar kota Jombang tidak menjadi masalah. Melalui program BESUTAN, diharapkan seluruh warga Kabupaten Jombang dapat terdata secara resmi, memiliki dokumen kependudukan yang sah, serta merasakan manfaat pelayanan publik yang inklusif dan berkeadilan.
