Menyajikan informasi yang relevan dan aktual tentang peristiwa, perkembangan, kegaitan dan topik terkini
Dorong Optimalisasi Layanan Adminduk di Tingkat Desa, Dispendukcapil adakan Sosialisasi Adminduk
19 Agustus 2025
Oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Upaya meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) terus dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jombang. Dispendukcapil menggelar acara Sosialisasi Administrasi Kependudukan layanan tingkat Desa dan SIAK Terpusat 2025 pada Selasa (19/8). Acara ini digelar di Ruang Bung Tomo, Kantor Pemkab Jombang. dan menghadirkan para Sekretaris Kecamatan serta operator desa, khususnya dari wilayah yang pelayanannya masih belum maksimal. Acara ini dipimpin langsung oleh Kepala Dispendukcapil Jombang, Drs. Masduqi Zakaria, M.Si, beserta para Kepala Bidang (Kabid) sebagai narasumber.
Dispendukcapil juga menghadirkan Pejabat Pemda yang diwakili Sekretaris Daerah Jombang, Agus Purnomo, S.H., M.Si. Dalam sambutannya Sekda Jombang, Agus Purnomo, menekankan bahwa layanan administrasi kependudukan adalah salah satu fondasi penting dalam pembangunan daerah.
“Data kependudukan yang valid dan layanan Adminduk yang baik sangat penting untuk keberhasilan pembangunan Kabupaten Jombang. Karena semua perencanaan, mulai dari pendidikan, kesehatan, hingga infrastruktur, berawal dari data penduduk yang akurat,” sambutnya.
Semoga setelah dari Sosialisasi ini para operator layanan Desa jadi faham dan mampu memberikan pelayanan dengan maksimal, tambahnya.
Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Dukcapil Masduqi menekankan pentingnya memperkuat pelayanan Adminduk di tingkat desa agar masyarakat lebih mudah mengakses dokumen kependudukan tanpa harus selalu datang ke kantor kabupaten.
“Kami ingin layanan Adminduk di desa itu benar-benar jalan. Jadi warga bisa lebih cepat dan nyaman mengurus dokumen kependudukan. Kalau ada kendala, kita pecahkan sama-sama di forum ini,” tegasnya.
Masduqi juga menambahkan bahwa Dispendukcapil Jombang siap mendampingi dan memberikan solusi bagi desa-desa yang masih menghadapi tantangan dalam layanan Adminduk.
“Dispendukcapil selalu hadir memberikan informasi yang update dan terpercaya. Harapannya, teman-teman desa tidak ketinggalan perkembangan, apalagi di era SIAK Terpusat 2025 ini,” ujarnya.
Tak hanya itu, Masduqi menegaskan komitmen layanan hingga akar rumput.
“Kami berkomitmen memberikan layanan terbaik sampai tingkat desa, dan berharap semua layanan bisa berjalan maksimal demi kemudahan masyarakat,” jelasnya.
Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan pelayanan Adminduk di Jombang bisa lebih merata, cepat, dan tentu saja memberi pengalaman yang memudahkan masyarakat. Karena urusan dokumen kependudukan seharusnya nggak bikin ribet, tapi justru jadi hak warga yang mudah diakses.